Iklan Mini AnitaTridianto

Jumat, 23 Desember 2011

Definisi Posyandu

Diterbitkan di: 23 Desember, 2011   anitatridianto@yahoo.co.id
 
 
Secara sederhana yang dimaksud dengan posyandu adalah pusat kegiatan di mana masyarakat dapat sekaligus memperoleh pelayanan KB-Kesehatan. Dari aspek proses, maka pengertiannya adalah salah satu wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan, khususnya kesehatan dengan menciptakan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Apabila dipandang dari hirarki sistem upaya pelayanan kesehatan, maka posyandu adalah forum yang menjembatani ahli teknologi dan ahli kelola untuk upaya-upaya kesehatan yang profesional kepada masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar dapat hidup sehat.

Menurut Departemen Kesehatan, posyandu adalah upaya masyarakat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan melalui kegiatan terpadu yang dilaksanakan oleh masyarakat sendiri melalui bimbingan dan bantuan petugas kesehatan.

Menurut Sembiring (2004), pengertian posyandu adalah suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga berencana yang mempunyai nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini. Yang dimaksud dengan nilai strategis untuk pengembangan sumber daya manusia sejak dini yaitu dalam peningkatan mutu manusia masa yang akan datang dan akibat dari proses pertumbuhan dan perkembangan manusia ada tiga intervensi yaitu:
  1. Pembinaan kelangsungan hidup anak (Child Survival) yang ditujukan untuk menjaga kelangsungan hidup anak sejak dalam kandungan ibu sampai usia balita.
  2. Pembinaan perkembangan anak (Child Development) yang ditujukan untuk membina tumbuh kembang anak secara sempurna, baik fisik maupun mental sehingga siap menjadi tenaga kerja tangguh.
  3. Pembinaan kemampuan kerja (Employment) yang dimaksud untuk memberikan kesempatan berkarya dan berkreasi dalam pembangunan bangsa dan negara.
Intervensi satu dan dua dapat dilaksanakan sendiri oleh masyarakat dengan sedikit bantuan dan pengarahan dari petugas penyelenggara dan pengembangan. Posyandu merupakan strategi yang tepat untuk intervensi ini. Sedangkan, intervensi ke-3 perlu dipersiapkan dengan memperhatikan aspek-aspek Poleksosbud.

Menurut Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), posyandu merupakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat di mana masyarakat dapat melakukan konsultasi kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan. Keterpaduan diartikan sebagai penyatuan secara dinamis kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), paling sedikit tiga macam program untuk saling mendukung pencapaian tujuan dan sasaran yang disepakati oleh pemerintah berdasarkan intruksi bersama Menteri Kesehatan dan Kepala BKKBN Nomor 06/Menkes/Ist/1981-22/HK.0110/1991 dan di tingkat desa kegiatan keterpaduan ini diwujudkan dalam bentuk Pos Pelayanan Terpadu. Wujud keterpaduan dapat berupa keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, dan aspek petugas penyelenggaraan. Misalnya berdasarkan sasaran posyandu di bidang kesehatan dapat dilakukan secara bersamaan imunisasi untuk balita, serta konsultasi mengenai gizi di tempat dan waktu yang sama.

Menurut Departemen Kesehatan (1999), ada tiga jenis tahapan pelayanan posyandu, yaitu posyandu dasar, posyandu lengkap, dan posyandu pengembangan. Posyandu merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan dengan menciptakan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.
 

1 komentar: